Kamis, 25 April 2019

Mappettuada, Mappaenre doi atau Engangement - Hari Untuk AIJ


Kata, moment dan semua yang akan terjadi membuatku tak menyangka, diusiaku yang masih terbilang belum cukup membangun rumah tangga, bertanggung jawab bukan hanya pada diriku, dan menjaga segala kepercayaan yang makin hari akan makin bertambah. Ah sudahlah, itu hanya kalimat-kalimat pengantar untuk tulisanku kali ini. 
Kali ini saya menuliskan tentang bagaimana kegalauanku menyiapkan acara mappettuada, mappaenre doi atau bahasa gaulnya lagi engangment. Mappettuada diadat bugis sebenarnya ada musyawarah untuk mendapatkan kesepakatan hari, tanggal, jam akad nikah, mahar, dan bahkan biaya lainnya, serta hal yang dianggap penting untuk disepakati kedua belah pihak. 

Mappettuada dilakukan dikediaman perempuan, artinya dikediaman kami, rumahku, rumah yang menjadi saksi kesepakatan keluargaku dan keluarganya. Meskipun kami bersepupu namun adat tetap adat,acara mappettuada harus tetap dijalankan menghadirkan keluarga besar kedua belah pihak. Mungkin diantara kalian kenapa diacara mappettuada kadang juga disebut engan mappaenre doi (membawa uang belanja atau lebih viral uang panai') bukannya diacara mappettuada akan dibahas tentang hal tersebut?. Oh no, sebelum mappettuada ada acara yang disebut mappece-pece, musyawarah juga, namun yang hadir memang keluarga yang inti saja, seperti saudara orang tua mempelai, sauadara mempelai, dan perwakilah sepupu terdekat.

Nah kembali lagi diacara mappettuada, pastilah ada kegalauan tersendiri dari diriku tentang persiapan acara tersebut, karna akan hadir seluruh keluarga dan orang terdekat pula. Setidaknya saya sangat galau dengan yang akan saya gunakan pada hari H, acara mappettuada akan berlangsung 24 Februari 2019. Sebelum acara saya sangat galau dengan pakaian yang akan saya gunakan, fotografer dan bahkan Makeup artist. Selain hal tersebut saya tak mempedulikannya, saya menyerahkan sepenuhkan kepada keluarga. Saya bersyukur juga karna saya diberi kesempatan untuk memilih sendiri hal yang berkaitan dengan diriku.

Yeah, mencari hal yang penting itu seperti pakaian, makeup artist, dan fotografer harus yang mampu bekerja sama, murah, dan hasilnya memuaskan. Mungkin kalian berfikir kenapa mau bagus tapi cari yang murah. Bukan hanya pakaian yang membutuhkan biaya say, tapi kita mesti memikirkan juga biaya yang digunakan seperti makanan, dekorasi dan lainnya,  hehehehehe.

Oke kembali lagi guys, pakaian yang saya gunakan adalah baju bodo lagosi berwarna biru elektrik, dibuatkan khusus sesuai dengan permintaan saya, ulalala syukur banget yah. Malabis Wordrobe mermberikan solusi kegalauanku, impianku menggunakan baju bodo biru elektrik yang bermotif dapat diwujudkan, lebih senangnya lagi karna saya akan menjadi pengguna pertama baju tersebut. Meskipun demikian memang sih ownernya itu saya kenal baik dan mungkin begitu juga sebaliknya.

Wordrobe and attire by Malabis

Nah, setelah baju yang akan saya gunakan beres saya juga galau masalah makeup artist yang akan saya beri kepercayaan dengan hasil yang sangat memusakan, dari beberapa makeup artist yang pernah makeup-in saya ada beberapa makeup artist yang mampu mengatasi alisku yang super lebat dan tak seimbang pulah. Beberapa hari saya berfikir saya memilih Yeni maksidatung sebagai makeup artist yang akan membuat wajahku lebih cantik dari boiasanya, mungkin kalian bertanya kenapa dia? ah sudah sangat jelas kalau jam terbangnya sudah sangat melejit, harganya memang harga kota, tapi emang seimbang dengan hasilnya. Sekedar info yah Yeni itu sekampung loh sama saya, sama-sama berasal dari kecamatan kajuara, sekolahku waktu SMApun sama tapi doi senior saya.
Mua By Yeni Maksidatung

Setelah kedua hal tersebut beres, lanjut masalah fotografer (fg), fg yang saya gunakan adalah fg yang berasal dari kampung halaman saya, doi juga merupakan keluarga, oh tapi bukan karena keluarga saya memilihnya sebagai fg yang akan menghandel atau mendokumentasikan acara penting ini. Magaya Fotografer, fotografer yang humble dan sangat penting saya bisa berkomunikasi dengannya, seperti apa, moment yang mana, dan bahkan bagaimana hasil yang saya inginkan. Hm fg prawedku juga magaya. Magaya Fg akan menghandel acara mappetuada sampai akad/resepsiku nanti.

Suatu kesyukuran karena dapat merasakan betapa galaunya memilih hal yang sangat penting untuk acara yang sangat penting yang tak mungkin terulang kembali yah guys, terimakasi buat kalian yang telah membaca tulisanku ini, saya tau acarakupun tak sesempurna yang diinginkan, namun saya merasa bahwa acara terebut sempurna dengan hadirnya orang-orang yang sayang dengan saya kala itu.

Baca juga tentang DIA

Kalian boleh liat foto-foto acara mappetuada saya dibawah ini yah guys,
Pemasangan cincin 























Tidak ada komentar:

Posting Komentar