Selasa, 04 September 2018

Alasan Perempuan Harus Pandai Menabung

Menabung merupakan salah satu kata yang paling sering kita dengar dalam lingkungan keluarga, bahkan di bangku Sekolah Dasar kita diajarkan bagaimana pentingnya menabung dan manfaat menabung. Nah, sekarang saya akan membahas lebih spesifik tentang beberapa hal yang menuntut seorang perempuan harus pandai menabung.

1. Memiliki banyak kebutuhan dibanding laki-laki
seorang perempuan tentunya memiliki banyak kebutuhan dibandingkan dengan seorang pria. Sebab perempuan memiliki keperluan berhias mulai dari ujung kaki sampai ujung rambutnya yang rutin ia lakukan setiap harinya. Seorang wanita harus mampu membedakan kebutuhan primer dan sekundernya untuk tidak sekarat finansial dimasa akan datang.


2. Wajib memiliki investasi masa depan
Sebagai perempuan yang kelak menjadi istri ataupun seorang istri  serta seorang ibu harus mampu memiliki investasi masa depan. Sebab kelak memikirkan masa depan keluarga dan pendidikan anaknya.


3. Menyiapkan biaya tidak terduga
Biaya tidak terduga yang saya maksud bukan biaya yang bisa ditarik dari tabungan investasi keluarga, melainkan tabungan tersendiri khusus buat hal-hal yang dianggap diluar rencana.

maka dari 3 hal diatas harus dipahami, bahwa seorang wanita harus sadar tentan finansial dimasa akan datang yang semakin lama semakin tinggi.

72 komentar:

  1. Bener banget ini. Perempuan itu harus mandiri, termasuk dalam hal financialnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kak, kalau wanitanya kurang pandai bahaya tuh kayaknya kak

      Hapus
  2. Setuju sama semua poin-poinnya, menabung juga membiasakan diri untuk hidup hemat (y)

    BalasHapus
  3. Betul mba, punya tabungan itu bisa buat jaga jaga jika ada hal tak terduga

    BalasHapus
  4. Setuju. Biasanya saya menabung untuk kebutuhan diri sendiri. Sama paling buat jalan-jalan, patungan ma suami hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tau nggak mbak, tabungan yang barengan ma suami dipisahin?

      Hapus
  5. Aku suka menabung sejak muda.. rasanya bahagia punya simpanan yg bisa membantu di masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh ia kak, kalau aku mah mbak menabung itu kalau ada barang yang aku taksir, hehehe itu dulu

      Hapus
  6. Menyiapkan dana yang tak terduga itu yang harus aku lakukan deh kayaknya, Mak. Slain itu memang kebutuhan perempuan banyak yaa

    BalasHapus
  7. Point no 1 dooong! Betul sekaaali! :D. Belum lipstik, belum jilbab, dalaman jilbab, bros biasa, bros bunga, bros dagu, bros telinga, dll. Tapi betul juga kata mbak di atas, kita kudu memilah mana kebutuhan dan mana sekedar keinginan ;)
    .
    .
    Salam kenal ^^

    BalasHapus
  8. Menabung juga mengajarkan kita arti perjuangan dan kesabaran untuk mendapatkan sesuatu. Terutama yang harganya mahal :D

    BalasHapus
  9. betull banget meski misalnya ga kerja formal pun harus punya tabungan. duit perempuana dalah duit perempuan dan ga boleh diutik-utik. itu prinsipku. kecuali kalo pas kepepet, hehe

    BalasHapus
  10. Benar banget Indah
    Nah saya yang harus belajar dari Indah nih

    BalasHapus
  11. Perempuan memang harus pandai menabung sebab perempuan adalah manager dalam keluarga. Jika keuangan lumpuh maka semua akan akan lumpuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. janganki blang, bagaimana itu yg berumah tangga kodong

      Hapus
  12. Iyesss setuju mba, mau kerja kantoran atau ibu rumah tangga, perempuan harus punya tabungan sendiri, kalau bisa dipisah dg tabungan keluarga, walaupun jumlahnya nggak seberapa.

    BalasHapus
  13. Betul itu mba, kebutuhan wanita lebih banyak dari laki laki, makanya harus pandai pandai membagi uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia kak wanita memng terbilang boros juga kak, termasuk saya

      Hapus
  14. Wajib ini kak. Hrs pinter2 nyari sampingan juga biar punya tabungan lebih. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya kak, peluang bisnis juga banayk loh kak

      Hapus
  15. Aku bacanya sedih. Huhuhu soalnya termasuk tipe yg butuh perjuangan untuk bisa nabung apalagi punya hobi window shopping. Hikss

    BalasHapus
  16. minimalnya wanita harus pandai mengolah keuangan, biar pas weekend bisa jalan-jalan hihi

    BalasHapus
  17. benet mbak, dari cerita mbah, bude sampai temen temen perempuan, menabung sangat penting, istilahnya menyiaihkan serupiah per jam itu penting

    BalasHapus
  18. Wah bener banget tiga poin diatas.
    Terima kasih sudah mengingatkan.

    Saya termasuk sulit mengelola keuangan.
    Hahahha
    Tapi membaca artikel ini semangat kembali utk lbh efektif mengelola uang

    BalasHapus
  19. Singkat dan padat tulisannya, Mbak. Betul, jadi perempuan, kita harus pandai mengelola keuangan.

    Jadi inget beberapa waktu lalu teman dekat saya sampai harus menjual seluruh asetnya, karena ia sedikit ceroboh dalam mengatur keuangannya. Padahal gaji suaminya lumayan. Sedih lihatnya, tapi setidaknya bisa dijadikan pelajaran. Semoga hal yang sama tidak terjadi pada kita. Aamiin..

    BalasHapus
  20. Setuju banget Mbak, jadi perempuan emang harus pandai menabung yah. Karena kebutuhan kita emang lebih banyak dari lelaki, hihihih.
    Thanks udah ingetin yah Mbak, harus semangat menabung ini. Nabungnya masih asal2an.. Huhuhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cuma mengingtkan kak, saya juga orangnya termasuk boros

      Hapus
  21. Bener banget, mak. Alhamdullilah dari kicik ibuku dan biasain aku nabung karena saat itu untuk punya sesuatu haru nabung dulu. Dewasa jadi terbiasa secara otomatis

    BalasHapus
  22. Aku nabung sama jajannya banyajan jajannya Mba Indahh wkkwkwk
    Duh aku kudu sadar diri mulai sekarang. Hehheh makasih mba Indah selalu mengingatkan ,

    BalasHapus
  23. Aku belajar nabung emas nih, pengen banget bisa punya wakaf sendiri

    BalasHapus
  24. Saya rajin menabung sekaligus bolongin tabungan hahahaa..

    BalasHapus
  25. Setuju..menabung itu perlu, baik bagi laki2 atau perempuan ..

    BalasHapus
  26. Perempuan kudu setrooong. Menurutku malah gk hanya harus pandai menabnung tapi jg cari pendapatan tambahan utk bantu2 perekonomian keluarga :D

    BalasHapus
  27. Tabungan itu penting banget ya kalau ada kepentingan mendesak sangat diperlukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mbak, yang penting tidak seolah-olah mendesakkan segala keinginan

      Hapus
  28. Setuju, karena perempuan adalah manajer keuangan keluarga. Dengan pandai menabung, keuangan keluarga bisa selalu sehat.

    BalasHapus
  29. Setuju mbak, perempuan harus bisa menabung, yah paling enggak ada pegangan di akhir bulan hehehe

    BalasHapus
  30. Waaa bener banget, Mbak. Apalagi poin nomor 2, kok ya related dengan posting-an ku ya yang tentang mengelola keuangan rumah tangga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, skarang itu harus sama-sama mengingtkan tentang pengelolaan keuangan

      Hapus
  31. Nah tabungan sendiri ini kadang sering terlupakan. Seringnya gabung sama suami :)

    BalasHapus
  32. Hahahaha tidak bisa bilang tidak membaca artikel ini. Dan pernah baca juga, bahwa yang warnanya pink (untuk perempuan) lebih mahal ketimbang warna lain yang untuk pria.

    BalasHapus
  33. Soal in investasi masa depan ini mb.. Aku masih menimbang-nimbang beberapa pilihan.. Memang betul perempuan harus melek finansial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perempuan nggak melek finansial bahaya kalau udah berkeluarga mbak.

      Hapus
  34. Banyak alasan bagi perempuan untuk menabung yaa, Mba. Sebanyak alasan untuk mengeluarkan uang, hehehe ��

    BalasHapus
  35. Halo mbak, setuju banget dengan 3 poinnya. Wanita emang harus lebih banyak menabung ya apalagi kalo yg sudah berkeluarga dan punya anak. Makasih sharingnya ya.

    BalasHapus
  36. Indeed.
    Memiliki banyak kebutuhan dibanding laki-laki memang yaa, mba...
    Tapi kalau perempuan, bentuknya printilan...hal-hal kecil yang bila dikumpulkan, banyak juga jumlahnya.

    Tapi kalau laki-laki, sekalinya beli barang, sukanya yang langsung keliatan gede angkanya.
    Gadget, misalnya.
    Atau spare-part otomotif.

    Jadi intinya, mengendalikan keinginan yaaa, mba...

    BalasHapus
  37. Aku baru mulai nabung, Makpuh. Hiks. Telat ya, tp doain ya Makpuh semoga aku bisa istiqomah nabung.

    BalasHapus